Android, Primadona Baru Dunia Ponsel

jurnalbarru>>Semenjak salah satu provider menawarkan layanan yang dibundling dengan ponsel berbasis Android Februari lalu, pasar ponsel ini pun langsung meledak. Apa yang membuat operating system ini begitu istimewa?
Jenis layanan untuk smartphone semakin beragam. Setelah layanan untuk ponsel pintar berbasis sistem operasi BlackBerry dan Apple, kini tersedia layanan untuk ponsel berbasis sistem operasi Android di Indonesia. Ponsel berbasis Android inipun dicari oleh banyak konsumen karena harganya relatif murah dengan status Android sebagai sistem operasi yang bebas dikembangkan alias OpenSource.

OpenSource adalah gratisan? Belum tentu,  tapi yang pasti sesuatu yang Open Source itu bisa kita costumize atau modifikasi dengan tujuan menyempurnakan dari yang sudah ada. Membuat aplikasi ini tanpa khawatir terbentur dengan seleksi atau batasan dari pihak – pihak tertentu. Jadi, apakah Android itu?

Seperti yang dikatakan di atas, Android merupakan open source untuk Telepon-Internet, seperti ponsel yang selam ini kita kenal. Google bersama 33 perusahaan software, hardware,Internet,produsen ponsel sampai perusahaan telekomunikasi membentuk sebuah konsorsium bernama Open Handset Alliance (OHA). Konsursium inilah yang kemudian meluncurkan Android.

Android menjanjikan telephon bergerak masa depan dengan “lebih baik” dan “lebih murah”. Android juga di klaim sebagai sebuah kekuatan yang mampu mendisign ponsel generasi berikutnya lebih baik lagi. Bentuk fisiknya lebih konvinience untuk berinternet dengan software berbasis Linux. Karena berbasis Linux, maka siapa pun dapat mengembangkan software itu untuk platform tertentu.Ini berarti Android dapat dibuat untuk ponsel pribadi,jaringan dan berbagai penggunaan potensial lainnya.

Penyedia sistem operasi terbuka , Linux diperkirakan akan mengambil keuntungan dari terjunnya Google ke dalam bisnis ponsel-internet ini. OHA memajukan Android untuk mengembangkan fitur & piranti keras ponsel agar dapat mengambil keuntungan dari platform yang disediakan Google. Google yang selama ini jauh dari hingar bingar bisnis ponsel sangat menekankan pada platform yang bersifat terbuka.Sistem operasi yang ada dalam ponsel saat ini, seperti window mobile, Symbian,serta Palm adalah pemaian dan pemegang lisensinya.Namun mereka bukan open source.
Meniru cara kerja saja bisa disangka mencuri hak cipta, google percaya akan lebih mudah dan lebih cepat mengembangkan aplikasi baru untuk Android dibandingkan dengan meniru sistem kerja software yang ada. Google dan konsorsium OHA yakin bahwa ponsel baru pada masa mendatang akan membuat internet yang di aplikasikan ke ponsel lebih baik di bandingkan dengan komputer PC.
Lebih jelasnya berikut keterangan tentang kelebihan dan kekurangan Android:

Kelebihan:
•    Gratis  , developer aplikasi tidak perlu membayar untuk membuat aplikasi. Aplikasinya pun ditawarkan gratis.
•    Didukung penuh google, artinya pengguna tersinkronisasi langsung dengan Google Account kita, contoh : Gmail, Google Contact, Google Calendar dan Youtube.
•    Vendor lebih rajin mengeluarin handset karena mereka tidak perlu bayar ijin pemakaian.
•    Pengguna tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan meng-install aplikasi di Android.
•    Pemakaiannya relatif lebih user friendly.
•    Teknologi layar sentuh capasitive (hanya bisa dipakai dengan jari tangan, tidak bisa pakai Stylus) seperti iPhone.
•    Stabil, tidak mudah hang.
•    Aman terhadap virus.
•    Aplikasi game 3D berjalan lancar ini dikarenakan virtual Java machine Dalvik yang dipakai Android lebih baik dalam memanage memory yang didukung oleh Linux (kernel 2.6).
•    Konektifitas lengkap dari Bluetooth, WIFI dan GPS yang berguna untuk multiplayer game hingga aplikasi Social Networking Service.
•    Aplikasi bisnis ada di Android kecuali aplikasi Microsoft Office.
•    Harga yang relatif lebih murah.

Kekurangan:
•    Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yg tersedia untuk android, namun tidak menutup kemungkinan bakal bertambah banyak mengingat Android adalah OS open source. Hampir semua aplikasi bisa didapat gratis, dan dapat diunduh melalui fasilitas Android Market dan blog-blog pribadi.
•    Bagi orang yg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan
•    ponsel Android kurang nyaman jika dipakai untuk telepon.
•    Masih sedikit yg memakai OS ini.
•    Android masih mampu sedikit mengimbangi Wndows Mobile untuk terintegrasi dengan Exchange (outlook) server tanpa hambatan.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: