Mandi Seperti Ini, Membuat Tubuh Aduhay

Mandi (Manjakan Diri)

Mandi (Manjakan Diri)

jurnalbarru>>Apakah ritual mandi Anda hanya mengusap sabun dan bersampo? Tak tersedianya waktu yang cukup untuk menikmati sejuknya air mandi yang benar-benar berkhasiat memang alasan klise wanita sibuk. Padahal ritual mandi yang memanjakan bisa melenyapkan stres, memperlancar aliran darah pun lancar sehingga kulit merona segar. Tubuh dan hati pun terasa sejuk. Yuk, coba dua ritual mandi berikut ini!

Khasiat Mandi

➜ Mandi air hangat selama 10-30 menit dengan suhu 32°-35° Celsius dapat membantu membuka pori kulit, membuang toksin dan menurunkan tingkat gula darah, serta meredakan sakit otot. Juga membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik.
➜ Saat stres, mandi air dingin dengan suhu 12°-18° Celsius sangat baik untuk meredakan ketegangan. Dapat mempersempit aliran darah dan meningkatkan tingkat gula darah.
➜ Sesekali perlu dilakukan eksfoliasi untuk membuang kulit mati. Proses pembaruan kulit yang biasanya berlangsung setiap 28 hari dapat terhambat karena stres, perubahan hormon, perubahan suhu, pergantian musim, dan penuaan.
➜ Seiring dengan bertambahnya usia, maka regenerasi sel berjalan lambat. Akibatnya, kekeringan pada kulit meningkat. Kulit menjadi kusam, terutama di bagian lipatan.

Mandi Mewah di Rumah

Waktu: 45 Menit
1. Ciptakan mood yang relaks dengan menyalakan lilin wangi, atau memutar lagu yang menenangkan.

2. Siapkan air hangat di dalam bak mandi. Bila tubuh terasa lelah dan penat, tuang 3 tetes minyak esensial citrus. Bila kulit agak kusam, taburkan segenggam garam mandi. Bila Anda mengalami insomnia, ada baiknya menambah tiga sendok rempah mandi berisi campuran lavender, sandalwood, atau bergamot.

3. Nikmati berendam dalam air mandi suam-suam kuku selama Anda suka, tapi sebaiknya tak lebih dari 30 menit

4. Sembari berendam, balurkan scrub atau lulur mandi ke tubuh. Kemudian gosok perlahan tubuh dengan sikat mandi atau spons mandi. Ulangi daerah lipatan dan berikan ekstra perhatian pada bagian tumit dan sela-sela jari kaki.

5. Waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mencukur kaki atau menggosok kuku dengan sikat kuku agar kulit mati luruh dan kuku bersih dari kotoran.

6. Bila Anda masih ingin berendam sambil memejamkan mata, sempatkan mengompres mata dengan irisan mentimun Bila mata terasa penat. Atau pilih tomat untuk mengompres ada lingkaran hitam di seputar mata.

7. Sambil memasker wajah juga boleh. Pilih masker instan berbentuk tissue atau lembaran. Sebaiknya perhitungkan waktu penggunaan masker, karena Anda hanya akan berendam selama 30 menit. Durasi penggunaan masker yang efektif adalah 18-20 menit.

8. Usai berendam, bilas dengan air bersuhu normal agar pori-pori kulit tubuh menutup kembali. Usapkan lotion ke seluruh tubuh, dan pelembap pada wajah.

Totally Wet
Waktu: 60 Menit
Memanjakan diri dengan menikmati perawatan mandi lengkap yang diadaptasi dari Korea, bisa menjadi pilihan di akhir pekan. Ritualnya meliputi penguapan, pembersihan, dan pengangkatan sel kulit mati, sekaligus mengharumkan tubuh. Kondisi kulit yang lelah, regenerasi sel kulit tubuh yang terhambat, dan penyumbatan pori kulit, segera teratasi dengan perawatan ini.

Selain itu, sirkulasi darah juga akan lancar, kulit lebih halus, bercahaya, dan segar. Meskipun seluruh produk perawatan ini menggunakan bahan alami, pastikan sebelum mencobanya, kulit Anda bebas dari pemakaian produk pengelupasan kulit maupun luka terbuka.

Perawatan ini aman dilakukan oleh usia remaja hingga dewasa dan dapat dilakukan seminggu sekali, selama kulit tidak mengalami iritasi.

Tahapannya:
1. Seluruh tubuh dibilas dengan shower, lalu kepala dan rambut dioleskan ramuan avokad segar dan dipijat perlahan. Kepala ditutup shower cap, dan didiamkan sebentar agar nutrisi di dalam avokad meresap ke kulit kepala dan batang rambut.

2. Tubuh disauna selama 5 – 10 menit untuk membuka pori kulit. Jangan kaget bila lantai sauna ditebar garam mandi. Mineral garam akan menguap bersama uap sauna dan menempel di kulit. Gunanya, untuk melancarkan proses detoksifikasi dan metabolisma kulit. Sesudahnya, tubuh dibilas air hangat dan digosok waslap kasar untuk mengangkat sel kulit mati, dimulai dari telapak kaki kemudian tubuh bagian atas. Setelah itu, tubuh dibilas bersih dengan air hangat. Di tahap ini Anda akan langsung merasakan kulit berubah licin dan lembut.

3. Dengan menggunakan sabun dari bahan alami dan berpelembap, punggung dan kedua tangan digosok waslap kasar. Kemudian dibilas, dan dilanjutkan dengan scrub dari kelapa. Khasiat ekstrak kelapa di sini selain mengeksfoliasi, juga melembutkan dan melembapkan kulit.

4. Setelah dibilas, kulit dioleskan susu khusus untuk spa dan madu khusus. Susu dan madu adalah ramuan unik yang populer digunakan oleh leluhur bangsa Korea sejak dulu, karena berkhasiat melembutkan dan mengilatkan kulit. Usai tubuh dibilas bersih, giliran rambut dan kulit kepala. Kulit kepala dan rambut dibilas air hangat tanpa sampo sambil diberi pijatan yang merelaksasi, agar peredaran darah lancar.

5. Perawatan ditutup dengan mandi shower seluruh tubuh, yang juga bersifat terapeutik karena memberi tekanan lembut pada tubuh. Peredaran darah lancar.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: