Wajib Anda Tahu, Kesalahan Fatal Para Peserta CPNS

  • Disertai Tips singkat dan jitu sebelum mengikuti Tes CPNS 2010 Besok
Peserta Tes CPNS

Peserta Tes CPNS

JURNAL BARRU>>Beratnya beban ekonomi dan sempitnya peluang kerja membuat CPNS berpamor mencrang. Meski gajinya kecil, namun tetap saja menjadi favorit bagi para pencari kerja. Mungkin karna sabetannya lebih gede dari gajinya. Jumlah SDM yang dibutuhkan dalam perekrutan CPNS sangat-sangatlah kecil. Ini sesuai dengan kemampuan anggaran pemerintah. Kondisi ini tentu membuat peluang keberhasilan juga menjadi sangat sulit diharapkan. Meski begitu, menyerah sebelum berjuang adalah kebodohan. Yang paling penting adalah mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan menyediakan plan B atau haluan baru jika pintu keberhasilan CPNS tertutup. Dibawah ini adalah 10 kesalahan peserta tes CPNS :

1. Tidak percaya diri. Mungkin ini penyakit kebanyakan dari masyarakat kita. Sudah saatnya perasaan tidak percaya diri ini dipupus tuntas. Bukti adanya ketidakpercayaan diri ini terlihat dari peserta CPNS yang mempersiapkan diri dengan cara mencari bocoran soal. Kalau perlu dengan ongkos mahal. Juga ketika berlangsung tes tertulis, peserta akan sibuk mencari jawaban dari peserta lain alias nyontek. Mungkin kebiasaan dari sekolah ya…. Yang paling parah adalah bekerja sama dengan pihak dalam melalui koneksi atau menyuap petugas yang bisa meloloskan. Nah, ini nih yang nanti jadi koruptor.

2. Sistem Kebut Semalam (SKS). Banyak di antara generasi-generasi kita yang memiliki pola belajar buruk. Ini yang membuat bangsa kita kalah di bidang pendidikan. Pola belajar yang jelek yaitu melahap semua materi dalam waktu sekejap. Bisa dalam hitungan hari atau bahkan semalam. Dalam kalangan mahasiswa dikenal istilah SKS yaitu kependekan dari Sistem Kebut Semalam. Artinya, semua materi ujian digeder semalam suntuk. Ingat, otak kita memiliki stamina yang terbatas sehingga pemaksaan seperti disebutkan tadi hanya akan membuat otak menjadi lelah. Alih-alih materi bisa dikuasai. Jadi, kalau mau menguasai materi, ada baiknya mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya. Bisa saja satu tahun sebelumnya. Mengingat tes CPNS telah menjadi rutinitas, maka ada baiknya dari sekarang juga belajar soal dan materi yang relevan.

3. Datang ngaret. Apapun alasannya, datanglah setidaknya 30 menit sebelum jadual tes dilaksanakan. Jangan mencari-cari alasan untuk datang telat. Kesempatan belum tentu datang dua kali. Datang diawal waktu akan menyiapkan diri lebih siap secara emosional karna peserta bisa beristirahat sejenak menjelang ujian dilaknakan. Ini adalah keunggulan pertama. Menenangkan diri. Selain itu, datang lebih awal membuat penyesuaian diri terhadap tempat baru menjadi lebih baik sehingga bisa mempelajari situasi lebih jernih.

4. Peralatan tidak lengkap. Banyak peserta CPNS yang mengandalkan temannya bahkan untuk hal-hal kecil. Misalnya pengahapus atau serutan pensil. Komunikasi yang terjadi kecil meminjam peralatan ini dapat mengganggu atau merepotkan peserta lain. Belum lagi waktu yang terbuang sia-sia. Untuk itu, persiapkan diri lebih baik terutama alat-alat tulis seperti pensil 2b, ballpoint, penghapus, serutan, penggaris, alas tulis, tipex. Jika perlu, untuk pensil dan ballpoint sediakan masing-masing 3 buah yang siap pakai.

5. Mengerjakan soal terlalu cepat. Semudah apapun soal yang dihadapi, kerjakan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Jika memungkinkan, hitunglah dulu antara lama waktu yang disediakan dan banyaknya jumlah soal sehingga bisa memperkirakan kecepatan ideal untuk mengerjakan satu soal. Jika sudah selesai tetapi masih tersisa banyak waktu, lakukan evaluasi lagi terhadap jawaban-jawaban yang sudah dikerjakan. Teliti lagi. Biasanya ada beberapa soal yang saling berhubungan. Tidak ada salahnya jika soal-soal ini dibaca lagi untuk menemukan jawaban yang paling tepat.

6. Terpaku pada satu soal. Biasanya, perhitungan waktu untuk mengerjakan satu soal adalah satu menit. Paling lama 3 menit. Jika sebuah soal dalam hitungan kira-kira 10 detik belum bisa ditemukan arah jawabannya, sebaiknya tinggalkan. Kerjakan yang soal berikutnya, terutama yang paling mudah. Ini penting untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Jangan sampai waktu yang disediakan habis hanya untuk beberapa soal yang belum tentu diketahui secara tepat jawabannya. Udah waktu habis, salah pula.

7. Membiarkan jawaban kosong. Berbeda dengan tes masuk perguruan tinggi negeri. Tes CPNS tidak menggunakan sistem jawaban yang salah menjadi minus. Sehingga, jangan sekali-kali meninggalkan jawaban kosong. Pertanyaan yang sulit memang sebaiknya dikerjakan diakhir, namun jika tidak keburu karna waktunya habis, sebaiknya ditebak saja. Asal jawab lebih baik daripada lembar jawaban kosong.

8. Tidak mau tahu lembaga apa yang dilamar. Ada banyak intitusi pemerintah dengan fungsinya masing-masing. Carilah tahu tentang institusi-institusi yang dilamar. Ini penting, terutama untuk menyiapkan bahan/materi ujian yang berkaitan. Misalnya, jika yang dilamar intitusi pemkot, siapkan bahan ujian berkaitan dengan ilmu pemerintahan kota, hukum, politik, atau perturan-peraturan terkait. Jika institusi yang dilamar adalah pendidikan, baca lagi materi-materi berkaitan dengan ilmu-ilmu kependidikan. Begitu seterusnya. Materi ujian biasanya justru lebih banyak menyentuh ilmu-ilmu dasar. Jadi, perbanyaklah baca buku-buku pengantar. Mengetahui institusi pemerintah ini penting juga untuk persiapan nanti jika ada tes wawancara.

9. Langsung meninggalkan lokasi. Peserta yang lelah setelah tes, biasanya ingin segera pergi meninggalkan lokasi. Sebelum pergi, pastkan dulu bahwa jadual proses berikutnya sudah diketahui seperti pengumuman hasil tes atau kapan tes lanjutan dilaksanakan. Jika kurang jelas, sebaiknya tanyakan langsung ke panitia daripada terlambat mengetahui yang berakibat fatal yaitu gugurnya status peserta.

10. Lupa berdoa usai tes. Doa adalah senjata orang beriman. Berdoalah ketika akan atau selesai melakukan tes. Doa ini penting bukan saja untuk meminta diluluskan, lebih dari itu adalah mendapatkan pahalah, barakah, dan pekerjaan yang memang terbaik buat kita. Jangan sampai lulus CPNS, jadi pegawai negeri, eee…. malah korupsi. Ini namanya nggak berkah!!

Yang dibawah ini berbeda dengan yang diatas. Ini adalah tips singkat dan jitu sebelum mengikuti Tes CPNS 2010. Sebelum mengikuti tes kita memang harus mempersiapkan sedini mungkin.  Persiapannya seperti berikut:

1. Ketika anda menuju medan laga, usahakan anda punya cukup banyak waktu untuk tidak terlambat datang. hal ini agaknya sepele tetapi jika salah akibatnya sangat fatal, bahkan bisa saja anda ditolak untuk masuk ruang ujian karena terlambat. Sebaiknya, jika menggunakan angkutan umum, usahakan berangkat seawal mungkin untuk mengantisipasi hambatan dijalan seperti macet atau gangguan yang lain. lebih baik menunggu beberapa saat di tempat ujian ketimbang anda masuk ruang ujian dengan nafas terengah-engah gara-gara hambatan perjalanan. jika anda menggunakan kendaraan sendiri, anda dapat lebih leluasa mengatur waktu. tetapi tetap saja banyak resiko perjalanan yang harus anda antisipasi. jangan sampai anda menyesal gara-gara terlambat masuk ruang ujian, selain mengurangi jatah waktu, persoalan psikologis yang sangat mengganggu adalah hilangnya konsentrasi anda karena anda masuk ruang ujian dengan suasana kacau dan frustasi. persoalan terlambat datang, jalan macet, ban bocor, atau kehabisan bahan bakar jangan sampai memupuskan harapan anda untuk berhasil menjadi seorang PNS.
2. Setelah anda masuk ruang ujian, maka waktu anda untuk belajar sudah habis. biasanya masih ada beberapa (puluh) menit waktu anda untuk menanti para pengawas membacakan tata tertib/ membagikan soal/ lembar jawaban/ isian daftar hadir. saat inilah anda harus cooling down dan siap mental sepenuhnya. dan ini saat terbaik bagi anda untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Lupakan segala urusan rumah, pacar/suami/istri, pekerjaan atau apapun. isilah seluruh ruangan pikiran anda untuk berdikir dan berdoa, bahkan ketika anda sambil mendengarkan ceramah pengawas atau mengisi blangko sekalipun. karena secara teoritis dalam bahasa Neuro Languange Processing otak anda akan terdefragmentasi ketika anda berdoa dan berdikir. maka saat inilah anda akan menemukan ketenangan dan konsentrasi penuh yang sangat anda butuhkan untuk bertempur. sekali lagi; berdoalah sebanyak-banyaknya.
3. Sebelum anda mengerjakan soalnya, pastikan seluruh blangko isian baik berupa identitas diri, nomor ujian, serta keterangan lainnya yang terdapat pada lembar jawaban telah terisi dengan benar dan akurat. percuma saja jika anda mampu mengerjakan soal dengan mudah jika ternyata anda salah mengisikan nomor ujian, atau belum mengisi secara lengkap data diri anda, yang akibatnya nilai anda tidak keluar karena entrinya saja sudah salah.
4. Soal-soal CPNS biasanya berbentuk pilihan ganda atau check point, jadi jangan sampai ada soal yang tidak terjawab. sebelum mengumpulkan lembar jawaban pastikan anda sudah meneliti apakah masih ada nomor yang masih kosong. keuntungan jika anda menjawab seluruh soal adalah kans anda lebih besar untuk mendapatkan skor tinggi, yang dinilai adalah jawaban yang benar, tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban salah.
5. Mulailah mengerjakan dari yang paling mudah. soal CPNS terdiri dari beberapa segmen mulai dari kemampuan dasar aritmetika, skolastik, TPA, sampai pada segmen soal spesialisasi sesuai formasi yang anda pilih. misal saja, jika anda kurang menguasai matematika atau berhitung maka kerjakan dulu soal selain matematika, toh tidak urut juga boleh. hal ini akan sangat membantu mengefektifkan waktu karena waktu yang diberikan sangat terbatas. daripada berkutat di sebuah soal yang nggak kunjung menemukan jawabannya, lebih baik prioritaskan dulu pada soal-soal yang butuh waktu lebih singkat untuk mengerjakannya. perlu diingat bahwa skor yang diberikan untuk semua soal adalah sama, jadi baik susah maupun gampang tetap saja nilai anda adalah akumulasi dari keseluruhan jawaban.
6. Sebagai langkah antisipasi trik nomor 3, bawalah jam tangan untuk mengontrol waktu anda (jangan pakai jam handphone karena biasanya anda dilarang mengaktifkan handphone). kalau tidak punya bisa pinjam kepada teman. ingat, dalam hal ini anda harus berfikir “waktu adalah emas”, jika anda mampu memanage waktu dengan baik maka peluang anda untuk menyelesaikan soal secara keseluruhan akan semakin besar. karena tidak setiap ruangan ujian tersedia jam dinding, maka sebaiknya anda siapkan jam tangan sebelumnya.
7. Sekedar trik kecil tapi sangat membantu, hampir semua ujian CPNS masih menggunakan paper base/ pakai lembaran kertas, bukan computer base atau web base, maka gunakan pensil anda untuk menandai soal-soal yang belum terjawab (misalnya dengan memberi tanda titik di depan nomor soal/ “bukan pada lembar jawaban) sehingga ketika anda akan berbalik ke soal-soal yang belum terjawab akan sangat mudah. dengan begitu anda dapat dengan santai melompat dua atau tiga atau banyak nomor untuk mencari soal yang menurut anda mudah dikerjakan, toh untuk kembali ke soal-soal yang belum terjawab sudah ditandai. jangan takut untuk memberi tanda pada lembar soal (bukan lembar jawaban lho ya) meskipun biasanya disana terdapat aturan untuk tidak mencoret2 lembar soal. lembar soal tidak akan dinilai. jadi jangan sungkan sekedar memberi tanda titik atau cek out demi kemudahan anda, asalkan tidak berlebihan.
8. Trik selanjutnya, pada soal-soal yang belum berhasil anda jawab, lakukan penyortiran jawaban. artinya, jika dalam soal tersebut anda kesulitan untuk memilih dua atau tiga pilihan jawaban yang menurut anda paling tepat, jangan takut untuk memberi tanda pada abjad pilihan ganda. misalnya untuk jawaban yang akan menjadi alternatif pilihan berilah tanda titik di depan abjad pilihan gandanya. hal ini sebagai langkah efisiensi waktu dan pikiran sehingga ketika anda kembali pada soal tersebut sudah ada fokus pilihan jawaban. anda tidak perlu lagi memikirkan atau membaca ulang jawaban lain yang sebelumnya sudah anda sortir. trik ini sangat membantu anda untuk memfokuskan pikiran anda sehingga lebih cepat menemukan jawaban yang paling tepat.
9. Posisi duduk juga mempengaruhi aliran darah anda ke otak. posisi duduk yang baik adalah tegak, jangan membungkuk seperti gaya membacanya seorang yang terkena rabun dekat tanpa kacamata. posisi membungkuk akan menghambat sirkulasi darah dan memperberat beban punggung, sehingga anda akan cepat merasakan kelelahan bahkan leher anda akan terasa pegal sebelum selesai ujian. akibatnya konsentrasi anda terganggu. jika kondisi tempat duduk dan meja tidak memungkinkan anda untuk mengerjakan soal dengan posisi tegak, (misalnya jarak baca terlalu jauh) maka atur saja jarak baca anda secukupnya yaitu sekitar + 30cm atau yang menurut anda nyaman dan tidak melelahkan mata, asalkan posisi duduk sudah cukup normal.

10. Lembar jawaban anda akan diskor dengan mesin komputer, jadi usahakan lembar jawaban tidak terlipat, sobek, terkena percikan air, atau kotor. juga jangan memberi tanda atau coretan apapun pada lembar jawaban selain melingkari jawaban itu sendiri yang mengakibatkan lembar jawaban anda tidak terbaca mesin komputer. banyak kasus seorang peserta yang sebenarnya mampu mengerjakan soal dengan baik tetapi tidk lulus gara-gara persoalan teknis yang sepele ini.

Tetap Belajar Trik Tes CPNS. Sekali Lagi Ingat Berdoa, Rajin Sholat. Selamat Bekerja, Sukses Selalu.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: