Weekend, Moment Kemerdekaan Manusia

Menikmati Akhir Pekan

Menikmati Akhir Pekan

JURNAL BARRU >>Para pecandu kerja alias workaholic, jangan sepelekan akhir pekan. Sebuah studi ilmiah membuktikan bahwa semua manusia di muka bumi ini memerlukan istirahat di akhir pekan. Weekend, begitu kita menyebutnya, dapat dikatakan sebagai pemicu semangat setelah seminggu bekerja tanpa henti.

Studi ini melibatkan para partisipan yang melaporkan suasana hatinya bisa menjadi lebih baik, juga mengalami kenaikan vitalitas, lebih sedikit sakit kepala dan sakit, setelah menjalani akhir pekan jika dibandingkan hari Jumat.

“Para pekerja, walaupun kedudukannya hebat, pekerjaan menarik, tetap saja merasa lebih bahagia di saat akhir pekan,” jelas pimpinan studi ini, Richard Ryan, profesor psikologi di  University of Rochester.

Ryan dan timnya melacak kondisi mood 74 orang dewasa berusia 18-62 tahun yang bekerja setidaknya 30 jam seminggu. Selama tiga minggu, mereka  dihubungi secara acak untuk ditanya mengenai aktivitas yang mereka lakukan. Dengan menggunakan penilaian skala 1 sampai 7, mereka rata-rata mengekspreksikan perasaan positif seperti bahagia, senang, puas, selama akhir pekan. Dan perasaan negatif sejenis cemas, marah, dan depresi, muncul selama hari kerja. Mereka juga ditanyai mengenai gejala fisik stres semacam sakit kepala, masalah pencernaan, sakit pernapasan, dan merasa lemas.

Lelaki dan perempuan pekerja dari berbagai profesi merasa kondisi fisik dan mentalnya membaik di saat akhir pekan, tanpa peduli berapa besar pendapatannya, jam kerja, tingkat pendidikan, usia, atau status pernikahan, demikian hasil dari riset itu.

Tidka terlalu mengejutkan juga bahwa ditemukan hubungan antara akhir pekan dengan perasaan merdeka dan lebih akrab dengan lingkungan mereka. Sebab di akhir pekan, mereka bisa berkumpul bersana keluarga atau teman-teman dekat. Keadaan itu membuat mereka nyaman dibandingkan hari kerja dimana mereka berkumpul bersama rekan-rekan kerja dan atasan, yang cenderung memunculkan rasa persaingan.

Nah, para workaholic, lupakan sejenak pekerjaanmu. Nikmati akhir pekanmu!

Diterjemahkan secara bebas dari Livescience.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: