Barru, Terima 1,7 Miliar Bantuan Peternakan

Syahrul Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo

Jurnal Barru >>Seiring Program Peternakan Pemprov pencapaian Sejuta Ekor Sapi pada 2013, telah memasuki tahun ketiga dari program tersebut. Peningkatan populasi yang cukup signifikan berdasarkan data statistik peternakan dalam tiga tahun terakhir yakni meningkat  rata-rata tujuh persen sesuai target provinsi. Dari jumlah 703.303 ekor (2008) menjadi 769.066 ekor (2009), dan meningkat menjadi 825.029 ekor tahun 2010.

Sehingga  Bupati Barru akan mencanangkan strategi untuk terlaksananya kemandirian lokal dalam kegiatan agrobisnis agar dirasakan sampai pedesaan tahun 2011 nanti. Pemkab Barru berencana membangun instalasi pembibitan industri biologis melalui showroom sapi di Barru. Dengan harapan di waktu yang bersamaan dilakukan IB kurang lebih 10 ribu ekor untuk memperoleh kelahiran hasil inseminasi yang maksimal. Hal ini disampaiakan pada Sinkronisasi Birahi dan Kawin Massal Sapi di Lapangan Mangkoso Kabupaten Barru.

Untuk mensuksekan program-program terebut Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggolontorkan Dana Bantuan Pengembangan Ternak untuk daerah ini. Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, di Makassar, Kamis, mengatakan, untuk kabupaten Barru mendapatkan bantuan Rp1,5 miliar. Kabupaten Barru menerima bantuan dana yang bersumber dari APBN dan APBD Sulsel, terdiri atas dana APBN Rp1,4 miliar dan APBD sebesar Rp77,1 juta.

“Bantuan yang bersumber dari APBN tersebut dialokasikan untuk PUMK sapi potong sebanyak 52 ekor, pengembangan biogas, pengembangan pembibitan sapi, dan biogas unggas,” tuturnya.

Untuk dana yang bersumber dari APBD untuk penguatan modal usaha peternak, pengendalian penyakit hewan menular, pengembangan batamas, dan pengembangan inseminasi buatan. Pemberian bantuan peternakan ini, kata dia, merupakan bentuk partisipasi pemerintah dalam rangka meningkatkan produksi ternak, tidak hanya dari segi kuantitas melainkan juga kualitas.

Menurut dia, bantuan ini tidak hanya dalam hal meningkatkan populasi ternak, melainkan juga memanfaatkan fungsi lain dari ternak, seperti instalasi biogas untuk bahan bakar.

“Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari usaha peternakan. Tidak hanya daging yang digunakan sebagai bahan makanan, melainkan juga kotoran hewan yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar,” imbuhnya. Ia berharap agar pemerintah kabupetan Barru bisa menggunakan bantuan sesuai dengan kegiatan yang telah dialokasikan.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: