Game, Katalis Perubahan Sosial

Ilustrasi Games Sosial

Ilustrasi Games Sosial

Jurnal Barru >>Percaya atau tidak, game online tidak semua tentang tinju-tinju yang melayang atau senapan yang berkobar. Bahkan, gelombang baru dari pengembang game yang sadar sosial menenun masalah yang mereka rasa kuat ke dalam permainan yang mereka buat. Dengan cara ini, pengembang tersebut menunjukkan kepada pemain atas isu-isu sosial terkait yang sedang terjadi, membantu mereka memahami bahwa mereka bisa membuat perbedaan.

Gerakan ini dengan cepat mengerti suatu kenyataan bahwa game online kasual dengan cepat menjadi salah satu metode yang paling populer bagi warga internet mengkonsumsi konten. Pengakuan yang luar biasa dari seluruh dunia atas game seperti Bejeweled 2 memunculkan gagasan yang kredibilitas gagasan bahwa pemirsa potensial yang besar bisa dimanfaatkan dan dipromosikan sebab-sebab sosial yang terjadi.

Darfur Is Dying adalah game aktivis pertama dimana isu-isu dunia secara nyata dieksplorasi dan telah menghimpun pengikut yang banyak sebesar 800.000 pemain. Pemain diberi kehidupan sekilas para pengungsi di wilayah Darfur di Sudan, dan berperan dalam permainan sebagai pengungsi dan mencari makanan, tempat tinggal dan keamanan, sambil mencoba untuk menghindari militan-militan pembunuh.Dalam rentang waktu selama game tersebut diliris, puluhan ribu reaksi email diteruskan ke teman atau kepada wakil rayat ybs, mendesak mereka untuk mengambil tindakan di Darfur. Hal ini jelas menunjukkan pemain online dapat, dan telah menerjemahkan aksi ke dalam tindakan nyata

Sebuah survei yang dilakukan oleh PopCap Games mengungkapkan bahwa dua-pertiga dari semua pemain game sosial bermain setidaknya sekali sehari, mengatakan bahwa alasan ‘Kompetisi Persahabatan’ sebagai salah satu alasan utama mereka tertarik dalam game sosial. Game Sosial sering membutuhkan pemain untuk berinteraksi dengan pemain lain, baik itu untuk mencari pasangan jiwa untuk hewan piaraanmu, atau untuk mendapatkan resep yang lebih baik untuk dapurmu. Game tersebut unik sehingga siap untuk mendidik pemain tentang manfaat kerjasama dan skenario yang sama-sama menang.

Game sosial tidak mengklaim memiliki jawaban atas masalah-masalah yang mengganggu masyarakat kita. Apa yang mereka lakukan, adalah memungkinkan pemain untuk berjalan satu mil di atas sepatu orang lain. Dan kadang-kadang, ukuran empati yang hanya kita butuhkan.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: