Populasi Sapi di Barru, Meningkat Tujuh Persen

Sapi

Sapi

Jurnal Barru >>Dalam tiga tahun terakhir, populasi sapi di Kabupaten Barru mengalami peningkatan rata-rata sebesar tujuh persen. Bupati Barru Idris Syukur di Barru,  mengatakan, peningkatan populasi ini terlihat dalam tiga tahun terakhir, dimana pada tahun 2008 jumlah sapi hanya 45.000 ekor dan saat ini sudah mencapai 50.450 ekor.

Menurut dia, peningkatan populasi sapi tersebut menunjukkan bahwa Kabupaten Barru menjadi salah satu kabupaten di Sulsel yang mampu mencapai target yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Meningkatnya populasi sapi di Barru ini dikarenakan potensi daerah yang sangat besar, baik dalam hal pakan lokal, sumber daya manusia, lokasi peternakan, dan sebagainya,” tuturnya.

Ia menambahkan, Kabupaten Barru sendiri merupakan daerah yang menjadi unggulan sebagai pemasok sapi di Sulsel, khususnya jenis sapi Bali.  Hal tersebut merupakan prestasi yang sangat membanggakan, dimana Kabupaten Barru bisa memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pemenuhan sejuta ekor sapi yang dicanangkan Pemprov Sulsel.

Peningkatan ini juga, kata dia, turut menyumbangkan kontribusi bagi target swasembada daging pada tahun 2014 yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

“Untuk tahun-tahun yang akan datang, kami akan terus mengupayakan peningkatan populasi sapi dengan melakukan program strategis, seperti pemanfaatan inseminasi buatan,” imbuhnya.

Selain itu, kata dia, dalam meningkatkan populasi sapi, harus digunakan pula kemandirian lokal pada kegiatan agribisnis yang salah satunya terpusat di masing-masing desa. “Dengan meningkatnya populasi sapi, maka secara otomatis akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan juga pendapatan asli daerah,” tandasnya.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: