Petani Barru, Butuh Pengering dan Penampungan Padi

Mesin Pengering Padi

Mesin Pengering Padi

Jurnal Barru >> Sebagian besar petani di Kabupaten Barru membutuhkan fasilitas pengering dan penampung padi yang telah diproduksi. Fasilitas ini merupakan kebutuhan yang sangat di tengah kondisi curah hujan yang cukup tinggi. Keberadaan alat pengering dan penampung padi ini berkaitan erat dengan upaya peningkatan mutu produksi petani.

Minimnya keberadaan fasilitas pengering dan penampung yang dimiliki petani mengakibatkan mutu beras yang dihasilkan rendah, sehingga harga jualnya anjlok. Jika tidak ada fasilitas pengering pada musim hujan seperti ini, maka proses pengeringan padi tidak akan menjadi maksimal dan hanya mengakibatkan kadar air dalam beras yang diproduksi sangat tinggi. “Itu memang perlu, apa lagi tahun ini musim hujan musim dan kemarau tetap saja turun hujan sepanjang tahun. Kasihan padi kita, biasa ketika ditampung tidak terlalu kering tumbuh jadi benih padi” ungkap kadir salah satu petani di daerah ini, ketika ditemui pagi tadi di pondok sawahnya.

Jika hal seperti itu terus terjadi, maka harga jual  padi dari petani yang dilakukan oleh pemerintah akan semakin rendah. Secara ideal, dalam satu daerah produksi beras minimal terdapat lima unit fasiltas pengering dan penampung padi. Jika jumlah ideal fasilitas ini dapat tepenuhi, maka petani tidak perlu khawatir jika terjadi musim penghujan dalam waktu yang cukup lama, seperti sekarang ini.

Dengan begitu, maka petani pun bisa memiliki posisi tawar yang tinggi berkaitan dengan harga jual beras, karena mutu beras yang dihasilkan jauh lebih baik. Upaya untuk memberikan bantuan kepada petani dalam bentuk alat pengering dan penampung padi ini harus segera di usahakan oleh Pemerintah Daerah, terutama untuk mengantisipasi musim hujan pada panen mendatang. Mengingat saat ini, petani kita mulai menanam padi kembali.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

2 Responses to Petani Barru, Butuh Pengering dan Penampungan Padi

  1. omega mengatakan:

    selamat siang bapak / ibu yth : kami ada menjual mesin pengering padi ( circulating grain drain ) used ( pernah pakai ). kondisi istimewa. Buatan korea. kapasitas pengeringan 3 s/d 10 ton per jam / unit. semua ada 10 unit. ( harga; nego ). hub; Pak Omega 0852 15551577 ( sms dahulu, sebelum telp ) penawaran ini hanya sampai akhir bulan feb 2012.

  2. agus laksamana mengatakan:

    Berapa harga mesin pengering gabahnya per unit? Tlng di sms saja ke nmr hp 083129528999. Terima kasih
    Agus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: