Serunya Belanja Akhir Tahun

Belanja Akhir Tahun

Belanja Akhir Tahun

Jurnal Barru >>Momen liburan Natal dan Tahun Baru, yang juga hampir bertepatan dengan libur sekolah membawa kesenangan untuk semua. Terutama, bagi mereka yang gemar berburu diskon serta para orangtua yang ingin menghadiahi anak mereka, sebagai hadiah prestasi di sekolah. Tak pelak, berbagai pusat belanja memanfaatkan momen ini dengan menggelar diskon besar-besaran. Departement store menawarkan promo belanja bertuliskan “Big sale” yang terpajang dan mudah sekali tertangkap mata pengunjung mal. Supermarket berkompetisi mematok harga miring untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Maskapai penerbangan pun sudah lebih awal menawarkan paket perjalanan murah, dalam dan luar negeri. Semuanya sudah diperhitungkan, Natal atau akhir tahun dijadikan momen belanja untuk menikmati dana tambahan, berupa Tunjangan Hari Raya atau bonus akhir tahun.

Belanja produk fashion karena diskon
Jurnal Barru menemukan sejumlah pengalaman perempuan yang menikmati nilai lebih diskon besar-besaran ini. Diantara berbagai penawaran diskon, produk fashion seperti sepatu dan pakaian, paling digemari pembeli saat musim diskon akhir tahun.

“Belanja di momen liburan memanfaatkan diskon besar di departement store. Karena biasanya kalau diskon seperti itu barang cepat habis. Jadi yang terpikir now or never,” papar Ellie (24).

Diskon besar-besaran di pusat belanja diakui Ellie memang berpengaruh besar pada dirinya. Alhasil, sepasang sepatu dibelinya memanfaatkan diskon. Ellie cenderung belanja keperluan untuk mendukung penampilan sebagai karyawati  Public Relations. Sepatu, tas, pakaian menjadi incaran Ellie, jika kebetulan melihat diskon besar di departement store.

Momen yang juga dimanfaatkan Ellie adalah promosi biaya perjalanan ke luar negeri dari sebuah maskapai penerbangan. Sejak November lalu, Ellie sudah memesan tiket perjalanan untuk waktu perjalanan Juni-Juli 2011 nanti.

Hal serupa dialami Nina Saptiany (28) yang memanfaatkan sale akhir tahun untuk make over penampilan. Kaum hawa tak ingin melewati kesempatan belanja murah untuk menunjang penampilannya. Seperti Nina yang tak ingin ketinggalan menikmati diskon belanja, terutama berbelanja sepatu, demi menunjang penampilannya sebagai karyawati bagian promosi.

Sale memang menguntungkan, karena bisa membeli kebutuhan kantor untuk penampilan dengan harga yang lebih murah. Biasanya, kalau membeli sepatu, saya pilih yang modelnya everlasting, jadi lebih menguntungkan, murah dan bisa dipakai jangka panjang,” paparnya.

Ajang belanja kebutuhan anak dan rumah tangga
Momen diskon akhir tahun tak hanya dimanfaatkan karyawan yang ingin menunjang penampilan. Orangtua dan pasangan muda juga mendapat nilai lebih dari diskon akhir tahun ini.

Siti Meiyana Arafah (40), ibu dua anak ini, memanfaatkan momen liburan untuk berbelanja kebutuhan anak.Orangtua tunggal yang akrab disapa Mei ini tak hanya mendatangi departement store, tetapi juga pusat grosir.

“Saya memanfaatkan diskon untuk belanja kebutuhan anak-anak terutama sepatu sekolah. Karena memang waktunya bertepatan dengan pembagian rapor dan libur sekolah,” papar Mei yang berhasil memboyong dua pasang sepatu untuk anak-anaknya dari departement store di Makassar sembari menyayangkan belum adanya pusat belanja seperti ini di Barru.

Meski tergoda oleh diskon, Ibu Mei mengaku masih memperhitungkan pengeluaran berbelanja dengan melihat kebutuhan. Mei juga jeli membandingkan harga. Jika harga diskon di departement store, terutama untuk pakaian, tak berbeda jauh dengan harga normal, Mei masih bisa menahan diri. Bahkan, Mei tak sungkan memborong aksesoris yang lebih murah di pusat grosir kawasan Makassar Mall. “Aksesoris anak-anak seperti jam tangan dan kaca mata lebih murah di pusat grosir,” paparnya.

Fatimah (27), juga mengaku menikmati diskon besar di supermarket. Momen yang dimanfaatkannya untuk memborong kebutuhan rumah tangga.

“Sale akhir tahun saya manfaatkan untuk belanja kebutuhan sehari-hari karena mendadak lebih murah di supermarket. Lumayan untuk stok satu bulan,” aku karyawati sebuah bank, yang mengaku masih membatasi diri hanya membeli kebutuhan yang diperlukan.

Masih membatasi diri
Meski diskon meriah dan semakin menggoda, momen ini tak lantas membuat THR atau bonus akhir tahun lenyap dalam sekejap. Seperti Mei, yang pernah mendapatkan bonus akhir tahun saat masih menjadi karyawati.

“Bonus saya manfaatkan untuk tabungan persiapan kebutuhan tahun depan,” katanya menambahkan sejak membangun bisnis mandiri Mei lebih bijak menggunakan uang.

Menabung masih menjadi pilihan sejumlah perempuan dalam memanfaatkan bonus akhir tahun. Selain Mei, Nurnia (29), juga mengaku bonus yang didapatkannya disimpan untuk kebutuhan mendadak setahun ke depan.

Selain juga, diakui Nur, bonus akhir tahun juga dialokasikan untuk membeli produk yang sudah direncanakan sejak tahun lalu. “Bonus dipakai juga untuk membeli barang impian,” aku penggemar traveling ini.

Adapun bagi Nur, momen belanja murah tak lantas membuatnya terpancing berburu semua tawaran diskon. Momen seperti midnight sale yang ramai di pertengahan tahun lalu tak menarik perhatiannya. Malam hari waktunya istirahat dan bukan untuk berbelanja, katanya.

Bagaimanapun, meriahnya diskon belanja tak lantas membuat konsumen lupa diri, namun masih bisa menahan diri dan bersikap realistis. Bagaimana dengan Anda?

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: