Pasca Banjir Barru, Pemprov Siapkan Bantuan Benur dan Benih Bandeng

Agus Arifin Nu'mang

Agus Arifin Nu'mang

Jurnal Barru >> Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan bantuan benih udang atau benur sebanyak  untuk disalurkan ke Kabupaten Barru yang mengalami gagal panen akibat banjir.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang di Makassar,  mengatakan, selain bantuan benur, pemprov juga menyiapkan bantuan benih ikan bandeng sekitar 100 ribu untuk Barru bagi petani yang mengalami gagal panen akibat banjir.

Luas tambak udang, bandeng dan campuran udang bandeng yang hanyut akibat banjir di Barru mencapai 550 hektare, ” jelasnya.

“Kita terus lakukan verifikasi, kita masih punya cadangan benih nasional yang bisa mengganti, harus dicari varietas yang pendek umurnya supaya panennya bisa dikejar, sesuai jadwal,”ujarnya.

Untuk benih ikan dan udang, ia mengharapkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Tanaman sawah masih bisa diantisipasi karena masih dalam tahap pembenihan dan masih bisa diganti, yang sulit kalau infrastruktur juga rusak,” ujarnya.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Rahman Dg. Tayang mengatakan, untuk mengantisipasi dan mengatasi masalah pertanian, pihaknya bersama pemerintah rutin menggelar Tudang Sipulung atau pertemuan antara pengusaha, pakar dan pemerintah.

“Kami di Sulsel memang mengalami banjir. Namun, setelah melihat kerusakan tidak begitu besar. Hujan berkepanjangan justru membuat petani bisa panen dua hingga tiga kali,” katanya.

Mendengarkan hal tersebut, presiden  SBY mengaku senang mendengarkan kemajuan pembangunan pertanian Sulsel karena dampak perubahan iklim yang baik dapat digunakan untuk meningkatkan produksi. “Tolong dipikirkan kebijakan dan solusi pada kelompok tani yang terkena dampak anomali iklim dan perkuat kemandirian pangan, air dan energi,” ujarnya.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

One Response to Pasca Banjir Barru, Pemprov Siapkan Bantuan Benur dan Benih Bandeng

  1. dahlan mengatakan:

    melihat apa yang dirasakan khususnya masyarakat barru cukup memperihatinkan salah satu potensi yang di andalkan oleh masyarakat itu mengalami bencana sehingga gagal panen adapun harapan saya sebagai masyarakat barru khususnya petani tambak terhadap bantuan yg ingin dikucurka tp entah kapan…???
    1. jangan cuma di janji tapi melainkan realisasi dari janji manis ta…..
    2. jangan dipersulit selama masih bisa di permudah
    3. jangan di potong…..potong…. sehingga bantuan tersebut sampai di masyarakat utuh…, siapa yang mau mengertikanki kalau bukan para pemimpin Ta,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: