Mendiknas, Canangkan Pendidikan Karakter Nasional Di Barru

Mendiknas - M Nuh

Mendiknas - M Nuh

BarruNews>> Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh dijadwalkan mencanangkan pendidikan karakter dalam puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2011 yang dipusatkan di Kabupaten Barru. Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Pattabai Pabokori di Makassar, Selasa, menjelaskan, selain pencanangan pendidikan karakter peringatan puncak peringatan Hardiknas Provinsi Sulsel akan diisi pula dengan sejumlah penandatanganan kerja sama strategis bidang pendidikan wilayah Sulsel.

“Ada beberapa program kerja sama dalam peningkatan mutu pendidikan Sulsel yang akan di rangkaikan dalam hari peringatan kali ini, diantaranya penandatanganan nota kesepahaman dengan Hongkong dan penyerahan penghargaan program pendidikan gratis di Sulsel,” katanya.

Ia menjelaskan, program pendidikan gratis yang dicanangkan pemerintahan Gubernur Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang sejak awal pemerintahannya telah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan dalam pelaksanaannya, meski diakui masih belum sempurna.

“Memang masih terdapat kelemahan dan kekurangan tapi sambil jalan kita terus melakukan perbaikan mekanisme pengelolaan dan pencairan dana disempurnakan dari tahun ke tahun. Laporan soal pungutan sekolah juga berkurang karena pengawasan masyarakat semakin besar. Selain itu, kami juga memberikan rekomendasi pemantauan dari lembaga swadaya masyarakat,” jelasnya.

Sejumlah indikator yang dijadikan ukuran keberhasilan program, lanjutnya, adalah penurunan angka siswa putus sekolah, meningkatnya Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) siswa sekolah dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Peningkatan ini juga ikut berdampak pada peningkatan prestasi, baik akademik maupun seni dan olahraga.

“Dan beban orang tua tentunya berkurang,” tambahnya.

Indikator lain adalah banyaknya penghargaan yang diperoleh gubernur yaitu Satya Lencana bidang pendidikan dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, penghargaan pemberantasan buta aksara dan penghargaan pengembangan pendidikan karakter melalui program kantin kejujuran dari Kejaksaan Agung.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: