Rugikan Pelabuhan Garongkong, Pemerintah Perlu Tinjau Jetty Bosowa di Cempa

Kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan Garongkong

Kegiatan Bongkar Muat di Pelabuhan Garongkong

BarruNews – Setahun terakhir, Bosowa Corporation menggenjot pembangunan Pelabuhan Khusus di wilayah Cempa, Desa Siawung Kabupaten Barru. Namun ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan publik, diantaranya mengenai status perizinan kawasan tersebut. Pembangunan sudah berlangsung cukup lama, tetapi baru beberapa hari terakhir Pemerintah Kabupaten Barru menunjukkan respon positif terhadap pembangunan ini.

Hal tersebut ditandai dengan penegasan Bupati Barru Andi Idris Syukur mengenai  kesiapan pihaknya memfasilitasi percepatan rencana pembangunan dermaga (jetty) untuk pabrik Semen Bosowa di Cempa Siawung, Barru. “Kami siap mendukung dan memfasilitas segala kebutuhan proyek itu demi kelancaran termasuk mempercepat proses Izin Mendidikan Bangunan (IMB),” kata Idris saat menerima pendiri Bosowa Corporation Aksa Mahmud di rumah dinasnya di Barru, Selasa (10/12/2013).

Idris menilai, dengan masuknya Bosowa Corporation ke Barru melalui Semen Bosowa, berarti perekonomian setempat juga akan ikut maju. Minimal dengan direkrutnya putra daerah sebagai tenaga kerja di tempat tersebut.

Aksa menemui Idris sehubungan rencana Bosowa Corporation akan membangun fasilitas dermaga (jetty) untuk pengangkutan Semen Bosowa di Cempa yang merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Barru. Rencana peletakan tiang pancang pertama (ground breaking) proyek dermaga akan dilakukan pada 26 Desember 2013 mendatang.

Disisi lain, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan penting Pemerintah Daerah sebelum melakukan Ground Breaking Jetty Bosowa. Diantaranya, perlu diketahui bahwa sekitar 97% aktivitas bongkar muat yang ada di Pelabuhan  Garongkong sampai saat ini melayani logistik dan transportasi material Semen Bosowa Maros. Sehingga pembangunan Jetty Bosowa di Cempa akan berdampak buruk pada kemajuan dan perkembangan Pelabuhan Garongkong sebagai pelabuhan umum milik pemerintah. “Tentumi semua kapal yang muat barangnya bosowa akan dialihkan ke cempa, bisa saja ini (garongkong.red) mubazir. Nanti kalau disini kewalahan baru dibangun disana”ungkap Usman, salah satu buruh bongkar muat di Pelabuhan Garongkong.

Perihal BarruNews
Terima Kasih Komentarnya, Ayo Kirimkan Tulisan/ Opini Atau Kegiatan Ataukah Kabar Kejadian Di Sekitar anda Untuk Diberitakan di BarruNews. Silahkan Kirim ke email : jurnalbarru@gmail.com ATAU Join Us Di Facebook : Barru News. Jangan Lupa Sertakan Foto.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: